KOTA BOGOR

Hai, hai salam kenal dari kota bogor. Kali ini aku akan membahas dan memberi informasi sedikit mengenai kota asalkmu “Kota Bogor”. Selamat menikmati sajian tulisanku J


Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa BaratIndonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Pada masa kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bÅ“it'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram". Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi dan alasan lain karena kota bogor dikelilingi beberapa gunung. Karena letak wilayah bogor yang berada di kaki gunung salak, gunung gede dan gunung pangrango, sehingga sangat kaya akan hujan orografi. dan naik secara mendadak di wilayah Bogor. Uap air  kemudian terkondensasi dan menjadi hujan yang jatuh di kota Bogor. Jadi, ke mana pun arah angin, dipastikan akan terjadi hujan. Hampir setiap hari turun hujan di kota ini, sehingga dijuluki 'Kota Hujan'. Nah begittu, menurut artikel yang aku baca :D

Kota bogor tak hanya dikenal sebagai kota hujan. Kota bogor juga kaya akan budaya dan makanan khasnya loh. Kalian pernah berkunjung ke kota bogor ? kalau pernah, pasti tahu dong budaya dan makanan apa saja yang khas dari kota ini ? J, yang belum tahu jangan khawatir aku siap berbagi kok J, asalkan jangan bosan membaca tulisanku ini. Hehe^^
Seni dan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita tentunya harus sama-sama kita jaga dan dilestarikan agar kesenian yang telah diwariskan tidak menghilang begitu saja, seakan tertelan bumi. Right ?. Kita pasti tidak mau kan, kelak kita mempunyai cucu tidak tahu akan budaya asalnya. Mereka hanya mengenal melalui buku atau gambar-gambar saja. Tanpa harus melihat langsung atau real budaya dan keseniannya. Maka dari itu sudah seharusnya kita semua melestarikan kesenian dan budaya daerah.
Nah, berikut ini adalah beberapa kesenian tradisional yang terdapat di Kabupaten Bogor :
  • Kesenian Pedalangan

Pedalangan adalah suatu kegiatan di mana titik permasalahannya ialah terletak pada dalang yang dibantu oleh pengrawit, swarawati atau pesinden, dan dengan kelengkapan sarana penyajian pedalangan lainya.






  • Angklung 
sumber

Catatan mengenai angklung baru muncul merujuk pada masa Kerajaan Sunda (abad ke-12 sampai abad ke-16). Asal usul terciptanya musik bambu, seperti angklung berdasarkan pandangan hidup masyarakat Sunda yang agraris dengan sumber kehidupan dari padi (pare) sebagai makanan pokoknya. Hal ini melahirkan mitos kepercayaan terhadap Nyai Sri Pohaci sebagai lambang Dewi Padi pemberi kehidupan (hirup-hurip). Masyarakat Baduy, yang dianggap sebagai sisa-sisa masyarakat Sunda asli, menerapkan angklung sebagai bagian dari ritual mengawali penanaman padi. Permainan angklung gubrag di Jasinga, Bogor, adalah salah satu yang masih hidup sejak lebih dari 400 tahun lampau. Kemunculannya berawal dari ritus padi. Angklung diciptakan dan dimainkan untuk memikat Dewi Sri turun ke bumi agar tanaman padi rakyat tumbuh subur.

  •   Calung 
sumber 


Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa) dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dariawi wulung (bambu hitam), namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih).


  •     Blantek,rumpun seni tipeuh


 Di daerah Bogor terdapat beberapa kesenian teater rakyat. Salah satu diantaranya seni Blantek. Seni Blantek yang berada di daerah Bogor ini termasuk rumpun seni tipeuh, oleh karena itu disebut juga topeng Blantek. Secara keseluruhan pertunjukan Blantek dengan urutan sebagai berikut: Penyajian dzikir dan puji-pujian. Lagu-lagu puji-pujian dan dzikir diiringi instrumen musik rebana. Lagu-lagu ini syairnya menggunakan bahasa Arab yang berisi tentang pujian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. 
Penyajian tari Blantek dan ronggeng topeng yang gerakannya bersumber dari tari topeng badawa dan ketuk tilu. Sebagai puncak pertunjukan ditampilkan cerita komedi. Cerita-cerita yang sering ditampilkan adalah Prabu Zulkarnaen dan Ngarah Barni. Alat musik yang dipergunakan dalam pertunjukan Blantek adalah Rebana (Biang, Katek dan Kebuk), Kendang, Jihan/Rebab, Kecrek dan Goong. Pada jaman sekarang ditambah dengan alat musik diantonis seperti Gitar melodi, Bas dan Keyboard.

Sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya, kalian bisa cari-cari lagi sendiri di buku atau internet J oke? sipp. Selanjutnya aku mau membahas mengenai makanan khas kota bogor nih, simak terus yaa, yang satu ini pasti menggoda selera temen-temen deeeeh. Dijamin.





Walaupun letaknya sangat dekat dengan Jakarta, bukan berarti Bogor membosankan untuk dikunjungi loh ya. Banyak hal -hal yang bisa jelajahi di Bogor, misalnya kulinernya. Seperti kota-kota lainnya yang memiliki ciri khas tersendiri, Bogor juga memiliki ciri khas tersendiri dalam kulinernya. Banyak wisatawan yang mengunjungi Kota Bogor hanya karena ingin sekadar mencicipi kulinernya yang unik-unik. Inilah kuliner khas Bogor, yuhuuuuuuuuu~ :
  •   Roti Unyil


   Roti Unyil terdiri dari berbagai varian seperti roti jagung, roti abon, roti sosis, roti keju, dan lain-lain dan sengaja dibuat lebih kecil dibandingkan roti pada umumnya. Karenanya tidak heran kalau disebut Roti Unyil karena ukurannya yang kecil dan mini, namun tetap mampu membuat ketagihan karena rasanya yang membuat kangen. Roti Unyil kerap kali dijadikan oleh-oleh khusus dari Bogor dan belum lengkap apabila datang ke Bogor belum membeli dan mencicipi Roti Unyil yang rasanya sangat "unyu" ini.

  • Doclang

Doclang merupakan makanan khas tradisional Bogor yang terbuat dari lontong dengan siraman bumbu kacang kental.Di Bogor sendiri makanan ini semakin sulit ditemui. Makanan ini biasanya dijajakan berkeliling dari satu daerah ke daerah lainnya dengan cara dipikul.

  • Laksa Bogor










  • Asinan Gedung Dalam


Asinan Gedung Dalam adalah salah satu kuliner yang dicari oleh orang-orang luar kota Bogor, baik sebagai oleh-oleh ataupun untuk dimakan langsung di tempat. Terdiri dari tiga macam asinan yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campur dengan kuah asinannya yang segar dan tidak bisa didapatkan di tempat lain selain Bogor.
  • Toge Goreng

Geco atau toge dan tauco merupakan nama asli dari toge goreng. Istilah Toge Goreng berasal dari ungkapan orang Jakarta yang menggemari makanan ini. Makanan yang brbahan mie, tahu, tauco, dan tentunya toge ini disajikan diatas daun patat, rasanya sangat sedap apalagi dimakan saat hangat dan cuaca sedang hujan. 

  • Gepuk Karuhun

Gepuk Karuhun dan Ikan Balita adalah panganan yang sering dicari akhir-akhir ini oleh mereka yang berkunjung ke Bogor. Gepuk Karuhun adalah kuliner khas Bogor yang diolah berdasarkan resep warisan turun-temurun dan hingga sekarang belum diubah komposisi pengolahannya. Oleh karena itulah gepuk ini dinamai "Karuhun" yang berarti "leluhur".
Sedangkan Ikan Balita adalah ikan mas kecil-kecil yang digoreng garing dan renyah. Bisa disantap sebagai makanan pendamping atau sebagai cemilan yang nikmat.
  • Talas Bogor

Talas atau talas bogor (Colocasia esculenta L., suku talas-talasan atau Araceae) merupakan tumbuhan penghasil umbi yang cukup penting. Diduga asli berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian selatan, talas diperkirakan telah dibudidayakan manusia sejak masa purba, bahkan sebelum padi ditanam orang[4]. Kini talas telah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk India, Cina,Afrika Barat dan Utara, dan Hindia Barat[4]. Talas merupakan makanan pokok, selain sukun, di beberapa kepulauan di Oseania. DiIndonesia, talas populer ditanam hampir di semua daerah.

Bagaimana teman-teman sudah kenyangkah ? hehee, ayoo mampir ke bogor, dijamin gak akan nyesel deh wisata kuliner disana, maknyusssss~


Setelah tadi membahas mengenai kebudayaan&kesenian, lalu makanan khas kota bogor, sekarang aku mau membahas mengenai ciri khasnya kota bogor nih. Ada yang tahu apa ciri khasnya ? ayo, ayooo, apaa ?

sumber 
Nah, Tugu kujang ini salah satu icon kota bogor :D
Tugu Kujang di kota Bogor, pasti setiap orang sudah mengenalnya, terutama bagi warga Jawa Barat khususnya. Tugu ini terletak di Jalan Pajajaran didepan Botanical Square yang bersebelahan dengan kampus IPB, dan diujung jalan dari Kebun Raya Bogor. Tugu yang berdiri kokoh ini merupakan lambang bagi kota Bogor sebagaimana layaknya pada kota-kota lainnya di Indonesia. Tugu setinggi kira-kira 25 M ini dibangun pada 4 Mei 1982 diatas sebuah lahan seluas 26M x 23M dan diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp. 80jt.
Nama Kujang sendiri diambil dari nama sebuah senjata pusaka tradisional etnis Sunda yang diyakini memiliki kekuatan gaib. Pusaka Kujang itu sendiri sudah dikenal sejak zaman Kerajaan Pajajaran pada abad ke-14 Masehi, di masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Di masa lalu Kujang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Sunda karena fungsinya sebagai peralatan pertanian. Pernyataan ini tertera dalam naskah kuno Sanghyang Siksa Kanda Ng Karesian (1518 M) maupun tradisi lisan yang berkembang di beberapa daerah diantaranya di daerah Rancah, Ciamis. Bukti yang memperkuat pernyataan bahwa kujang sebagai peralatan berladang masih dapat kita saksikan hingga saat ini pada masyarakat Baduy, Banten dan Pancer Pangawinan di Sukabumi.
Dengan perkembangan kemajuan, teknologi, budaya, sosial dan ekonomi masyarakat Sunda, Kujang pun mengalami perkembangan dan pergeseran bentuk, fungsi dan makna. Dari sebuah peralatan pertanian, kujang berkembang menjadi sebuah benda yang memiliki karakter tersendiri dan cenderung menjadi senjata yang bernilai simbolik dan sakral. Wujud baru kujang tersebut seperti yang kita kenal saat ini diperkirakan lahir antara abad 9 sampai abad 12.
Pusaka atau senjata tradisional bagi masayarakat Jawa Barat itu, kemudian oleh masyarakat di Kota Bogor dijadikan sebagai lambang Kota Bogor dan untuk mengenangnya kini pusaka kujang juga diabadikan di sebuah tugu yang kini kita kenal dengan nama Tugu Kujang. Adapun ornamen berupa pusaka kujang yang berdiri kokoh di atas Tugu Kujang tersebut sebetulnya memiliki berat -+800 kg, dengan tinggi pusaka mencapai 7 m. Untuk mempercantik penampilan pusaka itu, juga dilapisi dengan bahan stainless steel, tembaga dan bahan kuningan.
Tugu Kujang tidak pernah kesepian, karena terletak pada persimpangan jalan yang padat. Tapi sayang terkadang terlalu kumuh dilihat karena banyaknya angkutan umum (angkot) yang ngetem disekitar lokasi tugu meskipun sudah sering dihalau petugas. Semoga Pemkot Bogor bisa lebih memperhatikan perawatan tugu ini yang merupakan kebanggaan dari warga Bogor. sumber
Selain itu masih ada binatang rusa yang terdapat di dalam istana presiden

Rusa merupakan salah satu ciri khas dari Istana Bogor, kalau anda main atau sekedar melewati Istana Bogor pasti akan melihat rusa sedang bermain di dekat pagar atau di lapangan rumput. Rusa Bogor ini berasal dari India sampai Sri Lanka. Pada masa Gubernur Jenderal Inggris sekitar tahun 1814, rusa didatangkan ke Bogor untuk menempati halaman istana oleh Thomas Stanford Raffles. Rusa di Istana Bogor ini awalnya hanya ada 6 ekor saja, sampai bulan Juni tahun 2011 ini jumlahnya sudah mencapai 650 ekor. Kapasitas Istana Bogor untuk menampung rusa tersebut sebenarnya hanya 500 ekor saja, untuk mengatasi masalah kelebihan populasi rusa tersebut maka pengelola Istana Bogor akan membagikan kelebihan 150 ekor itu ke sejumlah instansi pemerintah atau yayasan sosial untuk dipelihara di lokasi yang refresentatif.
Pihak pengelola Istana Bogor juga mengirimkan rusa-rusa ini ke lembaga sosial, lembaga hukum, yayasan sosial, pendidikan, dan istansi pemerintah. Untuk memindahkan rusa Istana Bogor ke habibat barunya diperlukan lokasi yang refresentatif dengan kebutuhan makanan yang mencukupi. “Minimal lokasinya sama dengan yang di Istana Bogor, atau bahkan lebih baik lagi”, menurut pengelola Istana Bogor.



Sekiaaan, perkenalan kota bogor, hanya sedikit semoga bermanfaat :) , 

Komentar